Bukan apa-apa sih, itung-itung share apa yang admin baca dari
berbagai media, dan beberapa nasehat dari orang tua-tua sebelum admin, hehehe... Semoga ini dapat menjadi
pengingat kita saat akan mengajukan lamaran kerja.
Beberapa hal yang perlu diingat saat membuat lamaran kerja via
email misalnya:
1.
Perhatikan
Subject Saat Mengirim Lamaran Pekerjaan
Point ini sepele namun
paling sering kita lakukan kesalahan. Tidak usah ribet, untuk subject admin
menyarankan agar anda menulis “Lamaran pekerjaan + (posisi
jika perlu)”
contoh : Lamaran Pekerjaan – Operator Produksi.
contoh : Lamaran Pekerjaan – Operator Produksi.
2. Perhatikan Tanggal dan Detail Pada Lamaran
Email Kita
Mungkin dalam kasus ini
kita pengen cari gampangnya saja, karena pengen melamar di banyak tempat
sekaligus, jadi kita tidak edit lagi itu surat lamaran sebelum kita kirim lagi
ke perusahaan lain. Waah hati2 kalau kasus ini sob, walau terlihat sepele,
namun biasanya Pihak HRD atau recruitment lebih melihat detail lamaran kita,,
jadi kalau ada kesalahan sedikit saja bisa jadi males buat manggil kita buat
tes,, apalagi kalau sobat nulis alamat salah satu perusahaan trus di
kirim berulang ulang ke beberapa perusahaan,, wah wah wah kacau kalau ini
terjadi sob,,
3. Nama Attachment (Judul File) seenak jidat
Saran admin kasi nama
sesuai yang sobat kirim,
Kalo ngirim Attachemnt ijasah, ya sebaiknya sobat tulis IJASAH,
kalo attachment CV ya sobat ketik aja CV , curiculum Vitae, atau Daftar Riwayat Hidup dsb
jangan 01.jpg. dsb.. karena bakal bikin bingung sang HRD,, bayangin aja HRD kan buka email banyak, giliran dari kita,, kalau buka nya udah males ya paling gak dilanjutin baca emailnya,,
waah ngeri kan sob,,
Atau coba sobat kumpulin tuh file berkas lamaran kemudian sobat compress atau jadiin 1 file zip/rar kemudian tulis "Lampiran", tapi di email lamaran tulis apa aja yang dikirim dalam lampiran.
Kalo ngirim Attachemnt ijasah, ya sebaiknya sobat tulis IJASAH,
kalo attachment CV ya sobat ketik aja CV , curiculum Vitae, atau Daftar Riwayat Hidup dsb
jangan 01.jpg. dsb.. karena bakal bikin bingung sang HRD,, bayangin aja HRD kan buka email banyak, giliran dari kita,, kalau buka nya udah males ya paling gak dilanjutin baca emailnya,,
waah ngeri kan sob,,
Atau coba sobat kumpulin tuh file berkas lamaran kemudian sobat compress atau jadiin 1 file zip/rar kemudian tulis "Lampiran", tapi di email lamaran tulis apa aja yang dikirim dalam lampiran.
4. Ukuran Jangan Terlalu besar, Lebih Dari 2mb
Biasanya untuk email2
perusahaan gak bisa baca file dari email melibihi 2mb .. mungkin karena saking
banyaknya email yang masuk jadi agar lebih bisa efisisen dan lancar maka ukuran
besar ga d terima,,
Saran admin :
·
Kalau ente bikin
formatnya PDF admin sarankan sobat compress dulu,
·
Kalau sobat masukin
berkas JPG admin sarankan sobat compress juga,
·
Kalau sobat
formatnya DOC, admin sarankan ubah ke DOCX karena ukurannya lebih kecil dari
DOC,
·
Kalau sobat masukin
Transkip, foto, KTP , ijasah ke 1 file DOCX admin sarankan sebelum di INSERT,
sobat compress dlu
5. Tulisan Jangan Disingkat-singkat,
Nah kalau nulis email
lamaran pekerjaan aja di singkat kesan pertama yang di tangkep HRD pasti adalah
kita atau calon pelamar kerja ini orangnya malas, gak begitu semangat dan
pengen kerja di perusahaan ini, wah wah wah repot ini urusanya.
"dgn ini sy melamar
ke prushan bpk, smua sy lmpirkan di attachment"
"gator sy hrp > 4"
"gapok 2,8jt"
"gator sy hrp > 4"
"gapok 2,8jt"
Sobat mau ngelamar kerja
apa mau smsan??
tulislah dengan baik dan benar walaupun lewat email gak ada salahnya kita bersikap formal agar tekesan lebih sopan, pekerja keras disiplin dan bertanggungjawab.
tulislah dengan baik dan benar walaupun lewat email gak ada salahnya kita bersikap formal agar tekesan lebih sopan, pekerja keras disiplin dan bertanggungjawab.
6. Jelaskan Keahlian & Pengalaman Kerja
Ini optional sob. Tiap
HRD maupun tim recruitmen punya penilaian masing2..
menurut pandangan
admin ini sangat berpengaruh, bayangin aja kalau kita punya keahlian atau
Pengalaman kerja yang emang lagi di butuhin di perusahaan yang sedang kita
lamar,, waah pasti HRD udah seneng banget tuh, berharap dapet karyawan yang
profesional tanpa susah payah ngajarin kita atau mungkin punya pemikiran2 yang
lebih baik untuk segera memajukan perusahaan yang sedang kita lamar,, wahh waah
waah,, plus plus banget deeh
saran admin jelaskan, tapi jangan terlalu panjang, cukup intinya saja:
#contoh buat Keahlian :
Jaringan :
saya bisa merancang dan memasang Large scale LAN, bisa radio dsb..
MIcrosoft excel : saya menguasai beberapa formula &
fungsi dasar, / saya bisa menggunakan excel dengan semua formula nya
Photoshop : meski tak begitu mahir, tapi saya bisa melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya mengerti dan memahami konsep HTML& css sepenuhnya
Photoshop : meski tak begitu mahir, tapi saya bisa melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya mengerti dan memahami konsep HTML& css sepenuhnya
#contoh buat Pengalaman:
misal sobat punya
pengalaman jadi TEKNISI, ya coba jelaskan dulu di perusahaan "A" yang
saya kerjakan adalah mereparasi PC, selain itu pernah ikut proyek cyber campus,
etc
kemudian di perusahaan "B" saya sebagai admin yang saya kerjakan adalah membuat laporan harian, mingguan, etc
kemudian di perusahaan "B" saya sebagai admin yang saya kerjakan adalah membuat laporan harian, mingguan, etc
7. Tuliskan Nomor HP yang Aktif.
Mengapa, karena biasanya HRD tidak akan menelpon pelamar secara
berulang-ulang.
8. Alamat Email Jangan Lebay
Penggunaan nama email
4L4y nama beken, nama binatang, dan sebagainya..
contoh:
xxx_coolbgt@gmail.com
sapigombal@gmail.com
xxx_cute@gmail.com
contoh:
xxx_coolbgt@gmail.com
sapigombal@gmail.com
xxx_cute@gmail.com
dan lain sebagainya,
gunakan alamat email yang menurut kita itu sopan,,
contoh :
budisantoso@gmail.com
ariprasetio@gmail.com
laelasari@gmail.com
Nah, demikian yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat. Jika
ada hilaf mohon dima'afkan.
Terimakasih karena udah berkunjung.
No comments:
Post a Comment