Tuesday, 27 October 2015

Tips Agar Lamaran Via Email Cepat Direspon dan Diterima Kerja

Bukan apa-apa sih, itung-itung share apa yang admin baca dari berbagai media, dan beberapa nasehat dari orang tua-tua sebelum admin, hehehe...  Semoga ini dapat menjadi pengingat kita saat akan mengajukan lamaran kerja.
Beberapa hal yang perlu diingat saat membuat lamaran kerja via email misalnya:
1.  Perhatikan Subject Saat Mengirim Lamaran Pekerjaan
Point ini sepele namun paling sering kita lakukan kesalahan. Tidak usah ribet, untuk subject admin menyarankan agar anda menulis “Lamaran pekerjaan + (posisi jika perlu)”
contoh :  Lamaran Pekerjaan – Operator Produksi.

2.  Perhatikan  Tanggal dan Detail Pada Lamaran Email Kita
Mungkin dalam kasus ini kita pengen cari gampangnya saja,  karena pengen melamar di banyak tempat sekaligus, jadi kita tidak edit lagi itu surat lamaran sebelum kita kirim lagi ke perusahaan lain. Waah hati2 kalau kasus ini sob, walau terlihat sepele, namun biasanya Pihak HRD atau recruitment lebih melihat detail lamaran kita,, jadi kalau ada kesalahan sedikit saja bisa jadi males buat manggil kita buat tes,,  apalagi kalau sobat nulis alamat salah satu perusahaan trus di kirim berulang ulang ke beberapa perusahaan,, wah wah wah kacau kalau ini terjadi sob,,

3.  Nama Attachment (Judul File) seenak jidat
Saran admin kasi nama sesuai yang sobat kirim,
Kalo ngirim Attachemnt ijasah, ya sebaiknya sobat tulis IJASAH,
kalo attachment CV ya sobat ketik aja CV , curiculum Vitae, atau Daftar Riwayat Hidup dsb
jangan 01.jpg. dsb.. karena bakal bikin bingung sang HRD,, bayangin aja HRD kan buka email banyak, giliran dari kita,, kalau buka nya udah males ya paling gak dilanjutin baca emailnya,, 
waah ngeri kan sob,,

Atau coba sobat kumpulin tuh file berkas lamaran kemudian sobat compress atau jadiin 1 file zip/rar kemudian tulis "Lampiran", tapi di email lamaran tulis apa aja yang dikirim dalam lampiran.

4.  Ukuran Jangan Terlalu besar, Lebih Dari 2mb
Biasanya untuk email2 perusahaan gak bisa baca file dari email melibihi 2mb .. mungkin karena saking banyaknya email yang masuk jadi agar lebih bisa efisisen dan lancar maka ukuran besar ga d terima,, 
Saran admin :
·         Kalau ente bikin formatnya PDF admin sarankan sobat compress dulu,
·         Kalau sobat masukin berkas JPG admin sarankan sobat compress juga, 
·         Kalau sobat  formatnya DOC, admin sarankan ubah ke DOCX karena ukurannya lebih kecil dari DOC,
·         Kalau sobat masukin Transkip, foto, KTP , ijasah ke 1 file DOCX admin sarankan sebelum di INSERT, sobat compress dlu

5.  Tulisan Jangan Disingkat-singkat,
Nah kalau nulis email lamaran pekerjaan aja di singkat kesan pertama yang di tangkep HRD pasti adalah kita atau calon pelamar kerja ini orangnya malas, gak begitu semangat dan pengen kerja di perusahaan ini, wah wah wah repot ini urusanya.

"dgn ini sy melamar ke prushan bpk, smua sy lmpirkan di attachment"
"gator sy hrp > 4"
"gapok 2,8jt"
 
Sobat mau ngelamar kerja apa mau smsan??
tulislah dengan baik dan benar walaupun lewat email gak ada salahnya kita bersikap formal agar tekesan lebih sopan, pekerja keras disiplin dan bertanggungjawab.

6.  Jelaskan Keahlian & Pengalaman Kerja
Ini optional sob. Tiap HRD maupun tim recruitmen punya penilaian masing2.. 
menurut pandangan admin ini sangat berpengaruh, bayangin aja kalau kita punya keahlian atau Pengalaman kerja yang emang lagi di butuhin di perusahaan yang sedang kita lamar,, waah pasti HRD udah seneng banget tuh, berharap dapet karyawan yang profesional tanpa susah payah ngajarin kita atau mungkin punya pemikiran2 yang lebih baik untuk segera memajukan perusahaan yang sedang kita lamar,, wahh waah waah,, plus plus banget deeh

saran admin jelaskan, tapi jangan terlalu panjang, cukup intinya saja:
#contoh buat Keahlian :
Jaringan : saya bisa merancang dan memasang Large scale LAN, bisa radio dsb..
MIcrosoft excel : saya menguasai beberapa formula & fungsi dasar, / saya bisa menggunakan excel dengan semua formula nya
Photoshop : meski tak begitu mahir, tapi saya bisa melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya mengerti dan memahami konsep HTML& css sepenuhnya
#contoh buat Pengalaman:
misal sobat punya pengalaman jadi TEKNISI, ya coba jelaskan dulu di perusahaan "A" yang saya kerjakan adalah mereparasi PC, selain itu pernah ikut proyek cyber campus, etc
kemudian di perusahaan "B" saya sebagai admin yang saya kerjakan adalah membuat laporan harian, mingguan, etc

7.  Tuliskan Nomor HP yang Aktif.
Mengapa, karena biasanya HRD tidak akan menelpon pelamar secara berulang-ulang.

8.  Alamat Email Jangan Lebay
Penggunaan nama email 4L4y nama beken, nama binatang, dan sebagainya..
contoh:
xxx_coolbgt@gmail.com
sapigombal@gmail.com
xxx_cute@gmail.com
dan lain sebagainya, gunakan alamat email yang menurut kita itu sopan,, 
contoh :
budisantoso@gmail.com
ariprasetio@gmail.com
laelasari@gmail.com

Nah, demikian yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat. Jika ada hilaf mohon dima'afkan. 

Terimakasih karena udah berkunjung.

No comments:

Post a Comment