FASILITAS PENDUKUNG SEKITAR PERUSAHAAN
1. Tempat tinggal karyawan
PT. Riau
Sakti United Plantations-Industry
menyediakan tempat tinggal berupa mess keluarga dan mess bujangan. Setiap mess disediakan air bersih dan listrik 24 jam.
Berikut
ini beberapa tempat tinggal yang disediakan oleh PT. Riau Sakti United Plantations-Industry:
- Tempat tinggal karyawan yang berkeluarga
|
Mess Karyawan Berkeluarga |
|
Mess Karyawan Berkeluarga |
- Tempat tinggal karyawan bujang
|
Mess Karyawan Bujang |
|
Mess Karyawan Bujang |
|
Untuk
mess bujangan, mendapat tambahan fasilitas berupa kasur dan bantal.
|
fasilitas tambahan bagi karyawan bujang (kasur dan bantal) | |
|
|
Ruang tengah mess bujang |
2. Pengolahan air bersih (water treatment)
|
water treatment |
PT. Riau Sakti United Plantations melakukan proses water
treatment sendiri dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan
produksi maupun kebutuhan lainnya seperti perumahan karyawan & masyarakat
wilayah sekitarnya. kandungan pH air
bersih 7 – 9. Saat ini kapasitas produksi water treatment 2.230 M3/hari.
3. Menara telekomunikasi
|
Menara Telekomunikasi |
Untuk menunjang sistem
telekomunikasi di Pulau Burung dan
wilayah disekitarnya, PT. RSUP membangun sebuah tower dengan ketinggian 85
meter diatas permukaan laut.
Saat
ini karyawan maupun Masyarakat sangat merasakan Manfaatnya, selain pembangunan
Tower Perusahaan juga bekerjasama Dengan salah satu operator selular terkemuka
di Indonesia, PT.Telkomsel Indonesia dalam memberikan layanan telekomunikasi
selular di wilayah Pulau Burung.
|
Menara telekomunikasi |
Selain Operator Telkomsel, saat ini di Pulau Burung
juga tersedia Operator Seluler lainnya seperti Indosat dan XL.
4. Dermaga Ekspor
Sebagai perusahaan
industri, PT.
RSUP memiliki sebuah dermaga export dengan luas area 5.500 M2 dan dengan daya
tampung
3000 – 3500
Ton.
Saat
ini PT. RSUP juga telah memperoleh izin sebagai Penyelenggara Kawasan Berikat
(PKB) yang sekaligus juga merangkap sebagai Pengusaha Dikawasan Berikat (PDKB)
dengan SK Menteri Keuangan RI No. 1775KM.42003, dalam hal ini lebih memudahkan
proses Export–Import, baik dalam hal dokumentasi maupun operationalnya.
5. Kantin
|
Kantin di pabrik |
PT. Riau
Sakti United Plantations-Industry bekerjasama dengan pihak outsourcing menyediakan
kantin di dalam area pabrik. Setiap pekerja yang melaksanakan lembur kerja
lebih dari 2 (dua) jam maka perusahaan menyediakan makan dan minum sejumlah
1.400 kalori secara gratis.
|
Kantin (Fasilitas Makan dan Minum) |
selain menyediakan makan dan minum di kantin, perusahaan juga menyediakan air minum di tempat kerja secara gratis.
6. Kesehatan
Dalam hal pemeliharaan kesehatan karyawannya,
PT. Riau Sakti United Plantations-Industry (Pulau Burung) menyediakan klinik
yang didukung oleh Dokter, Bidan, dan Perawat. Biaya berobat gratis. Dan menyediakan rumah sakit rujukan apabila dokter klinik
menyatakan klinik tidak mampu menangani pasien yang bersangkutan.
7. ATM BNI
|
Mesin ATM |
PT. Riau Sakti United Plantations-Industry bekerja
sama dengan BNI mendirikan ATM di sekitar perusahaan. Sehingga karyawan dan
masyarakat sekitar Pulau Burung mendapat kemudahan bertransaksi dengan adanya
ATM ini.
Gaji yang diterima oleh karyawan PT. Riau sakti United
Plantations-Industry dibayar secara langsung ke rekening karyawan yang
bersangkutan.
8. Pendidikan (Sekolah)
|
Sekolah yang didirikan oleh perusahaan |
Perusahaan mendirikan sekolah TK, SD, dan SMP.
Lokasi ketiga sekolah bersebelahan,
dan tidak jauh dari lokasi tempat tinggal karyawan. Siswa yang
bersekolah tidak dibatasi hanya anak-anak karyawan, tapi juga bagi putra-putri
daerah.
Selain sekolah yang didirikan oleh perusahaan, di desa Pulau Burung juga tersedia sekolah- sekolah lain baik negri maupun swasta seperti SMU, MA, SMP, MTs,
SD, dan MI.
9. Jalan disekitar perusahaan (Desa Pulau Burung)
Pada umumnya jalan yang ada di Desa Pulau Burung
khususnya disekitar perusahaan sudah berupa chore beton, berikut ini adalah foto-foto jalan di Pulau Burung (Sekitar Perusahaan) :
|
Jalan disekitar perusahaan |
|
Jalan sekitar perusahaan |
|
Salah satu jalan sekitar perusahaan |
|
Pembangunan jalan didaerah rawa |
|
Jalan umum menuju perusahaan |
|
Jalan menuju pusat perbelanjaan |
10. Tempat parkir dan kendaraan karyawan
|
Tempat parkir kendaraan |
|
Tempat parkir kendaraan |
Perusahaan menyediakan tempat parkir kendaraan
bagi karyawan. Karyawan menggunakan tempat parkir secara tertib. Tempat parkir kendaraan ini dibawah control security.
Meskipun jarak tempuh dari tempat tinggal karyawan ke perusahaan cukup dekat, namun banyak karyawan yang membawa kendaraan saat berangkat bekerja. perusahaan memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk bekerja (sesuai spesifikasi diharapkan). Pada 2011 lalu tidak ada pengangguran di pulau burung.
11. Pusat perbelanjaan masyarakat Desa Pulau Burung
Berikut ini beberapa foto toko, pusat perbelanjaan,
wisma dan dealer sepeda motor yang ada di Desa Pulau Burung:
|
Wisma sekaligus dealer |
|
Pasar rakyat penjual pakaian |
|
Salah satu toko sembako |
|
Pasar rakyat penjual perlengkapan sekolah |
|
Pasar rakyat penjual perlengkapan sekolah |
|
Pasar rakyat |
|
Salah satu toko penjual perlengkapan rumah tangga |
|
Pasar rakyat penjual perlengkapan sekolah |
12. Religious
Terdapat tempat beribadah di sekitar tempat tinggal karyawan (mess karyawan). Sehingga karyawan akan mudah untuk melaksanakan ibadah.
13. Kotak keluhan
Perusahaan menyediakan
sarana kotak keluhan, hal
ini dimaksudkan agar setiap pekerja dapat menyampaikan keluhannya baik
itu keluhan yang dihadapi dalam lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat
tinggal.
Kotak keluhan telah tersedia
sebanyak 3 (tiga) buah
yaitu berlokasi di depan kantor
Humas dan di sisi kanan Kantin Pulau PT. RSUP-INDUSTRY, serta di area Loket
Personalia.
Pengelolaan
Kotak Keluhan sepenuhnya dilakukan oleh Serikat Pekerja PT.
RSUP-Industry, baik untuk kontrol surat keluhan yang masuk, merekap,
mendistribusikan maupun verifikasi keluhan.
Mekanisme penyampaian keluhan
adalah sbb :
1) Surat keluhan
tidak ada format standar, pekerja tidak perlu memberikan identitas diri, tetapi
isi surat keluhan harus jelas, ditujukan kepada siapa serta apa maksud dan
tujuannya.
2) Kotak keluhan akan dibuka
3
(tiga) kali dalam seminggu.
3) Pendistribusian
keluhan :
· Jika
keluhan yang ditujukan ke Pimpinan
Dept./Bagian, maka akan
langsung diserahkan oleh dept
personalia.
· Jika keluhan
yang ditujukan ke Top
Management, maka akan diserahkan melalui Dept. Sekretariat.
4) Setelah keluhan disampaikan ke
tujuan, Dept Personalia akan memantau tindak lanjut keluhan yang disampaikan.
14. Entertainment
Di bidang
hiburan PT. RSUP-Industry menyediakan fasilitas hiburan bagi pekerjanya. Yaitu
berupa sarana TV cabel dan diberikan secara gratis.
No comments:
Post a Comment